Tips Menghilangkan Bau Apek Pada Mobil Habis Terkena Banjir | ADDY SUMOHARJO BLOG

Tips Menghilangkan Bau Apek Pada Mobil Habis Terkena Banjir

Saat banjir yang terjadi pada setiap awal tahun, mengalami banjir yang cukup parah. Ketinggian banjir bisa mencapai dada atau leher orang dewasa. Kendaraan seperti mobil juga menjadi korban bencana banjir ini. cukup banyak pemilik kendaraan yang mobilnya terendam. Tidak hanya harus mengecek dan memperbaiki sektor mesin, bagian interiornya juga harus segera ditangani karena biasanya setelah terendam bagian ini akan berbau apek atau tidak sedap.


Interior mobil bagian yang sulit dibersihkan, karena air banjir kotor dan air berlumpur mulai dari karpet di lantai mobil yang jika tidak segera dibersihkan setelah banjir surut akan berbau apek. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk menghilangkan bau tak sedap pada interior mobilnya setelah terendam banjir:

1. Lepas semua komponen yang ada di kabin, seperti karpet, pelapis dan komponen lain yang harus segera dibersihkan dan dikeringkan.

2. Keringkan jok mobil sepenuhnya, sampai benar-benar kering. Busa dan pelapis jok mobil harus dilepas dan diperas terlebih dahulu. Butuh kesabaran dan kesabaran dalam menjemur jok mobil yang terendam banjir. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk menjemur jok mobil di bawah sinar matahari langsung. Dalam mengeringkan jok mobil, jangan gunakan oven atau pengering rambut.

Penggunaan alat ini hanya mengeringkan permukaan saja, tidak sampai ke dalam, sehingga belum kering maksimal. Untuk sarung jok mobil berbahan kulit, waktu pengeringannya lebih cepat dari jok semi kulit. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan jok kulit dengan pembersih karpet dan semprotan interior khusus. Bersihkan jok, sandaran tangan dengan kain. Supaya lembut mengangkat noda dan mencegah bau jamur akibat banjir. Dan untuk membersihkan noda pada jok kulit membutuhkan kondisi khusus. Anda harus menggunakan spray khusus untuk jok kulit, agar bisa dibersihkan secara maksimal dan terlihat seperti baru kembali.

3. Karpet mobil harus dikeringkan di kedua sisi untuk pengeringan maksimal. Lembaran damper pada karpet dasar harus dilepas, dibersihkan dan dikeringkan. Bersihkan karpet dengan semprotan khusus. Beberapa karpet sedikit lebih padat, biasanya perlu dibersihkan dengan sikat.

4. Jika plafon juga tergenang, ada dua opsi solusinya. Pertama, segera ganti dengan yang baru. Kemudian yang kedua adalah mempertahankan plafon lama namun biasanya hasilnya kurang optimal. Mengapa? Karena biasanya lem pada plafon mobil hanya sekali pakai dan satu kali menempel. Jika menggunakan jenis lem yang beredar di pasaran, perekatannya biasanya kurang kuat terutama untuk jangka panjang. 

5. Bau tak sedap di interior juga bisa disebabkan oleh saluran AC mobil yang terkena air banjir. Biasanya di saluran distribusi AC mobil ke kaki (bawah) dan ke belakang. Komponen duct AC ini menempel pada dek mobil, sehingga sangat memudahkan air masuk. Sebaiknya bersihkan saluran AC mobil secara menyeluruh. Bongkar dan bersihkan semua komponen AC mobil.

6. Komponen besi dan baja bisa berkarat di udara terbuka. Ada beberapa langkah untuk mengurangi risikonya, seperti menggunakan soda kue. Soda kue ini dapat membersihkan dan mengeringkan baja serta memperlambat proses pengaratan.

Setelah semuanya terpasang, gunakan silica gel yang mampu menyerap kelembapan di bagasi, maupun di bawah jok. Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk menghilangkan bau tak sedap pada interior mobil. Semoga bermanfaat dan apabila kendaraan anda kebanjiran segera bawa ke bengkel resmi mobil.

Related Posts

0 Response to "Tips Menghilangkan Bau Apek Pada Mobil Habis Terkena Banjir"

Posting Komentar