Cara Membuat Mobil Tetap Bersih Dan Kinclong | ADDY SUMOHARJO BLOG

Cara Membuat Mobil Tetap Bersih Dan Kinclong

Sebentar lagi akan memasuki musim hujan, banyak hal yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil, salah satunya adalah menjaga agar bodi mobil tetap bersih dan kinclong saat berkendara.

Tak hanya itu, kita harus memastikan mobil melakukan servis rutin ke bengkel dan melakukan perawatan interior terbaik agar tetap nyaman digunakan meski jalan sedang macet.

Berikut beberapa tips perawatan mobil yang perlu diperhatikan:

Merawat interior mobil tidak hanya harus dilakukan di salon mobil, tapi juga di rumah. Cara membersihkan mobil dari dalam dimulai dengan membersihkan dashboard, kemudian menaikkan semua jok di dalam mobil, kemudian membersihkan karpet dan membersihkan lantai mobil.

Saat membersihkan interior, yang terbaik adalah menggunakan konsentrat pembersih mobil yang sesuai. Carilah yang tidak mengandung asam, agar mobil tidak mudah korosif dan aman digunakan untuk membersihkan noda kotoran pada permukaan kulit, vinyl, plastik, karet, dashboard, upholstery, karpet, mesin, ban, pelek, serta semua bagian eksterior dan interior.

Jika bagian dalam Interiornya bersih, bagian luarnya juga perlu diperhatikan. Bagian umum yang perlu mendapat perhatian khusus adalah kaca depan, karena jamur dapat mengurangi penglihatan pengemudi, terutama saat hujan. Gunakan formula khusus yang terbuat dari air atau sampo pencuci mobil yang ramah lingkungan. Selain bisa menghilangkan kotoran dan debu, cat mobil akan awet dan tidak menimbulkan noda. Keringkan body mobil dengan bahan polyester agar tidak meninggalkan noda dan residu.

Selain kondisi dasar mobil, tentunya diperlukan perawatan luar-dalam dari mobil tersebut. Dengan perawatan yang baik, mobil akan siap menghadapi segala risiko, mulai dari perubahan iklim hingga pencegah jamur yang dapat mengganggu penglihatan saat berkendara. Hujan lebat juga menyebabkan mobil cepat kotor dan meninggalkan residu pada cat mobil.Oleh karena itu, selalu perhatikan kondisi kendaraan sebelum berkendara.

Bagi yang memiliki mobil baru, sebaiknya rawat mobil sejak awal agar catnya tetap bagus, berkilau dan tahan lama. Berikut beberapa tips:

1. Cuci mobil secara teratur
Cuci mobil Anda secara rutin, agar mobil tetap bersih dan tidak terkontaminasi kotoran. Mobil juga perlu perawatan manusia, yang harus dicuci setiap habis digunakan atau setidaknya setelah terpapar air hujan.

Mobil bisa langsung dicuci agar air hujan tidak meluntur warna cat pada mobil baru anda. Jika tidak sempat membersihkannya, gunakan pencuci mobil. Akan lebih baik jika mobil dibersihkan setiap pagi saat akan digunakan daripada tidak sama sekali.

2. Perhatikan tempat parkir mobil
Sebaiknya rawat mobil Anda sejak dini, baik dengan mesin, cat maupun interiornya. Hal tersebut dapat dilakukan untuk menghindari masalah yang sering terjadi pada kendaraan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tempat parkir mobil Anda. Parkirkan mobil Anda di tempat yang teduh, dan sejuk bisa membuat mobil Anda lebih cepat dingin, termasuk mesinnya, sehingga tidak terus-menerus panas. Cat mobil bisa lebih awet dan berkualitas, dibanding jika mobil selalu diparkir di tempat yang panas.

3. Gunakan produk perawatan mobil yang baik
Gunakan sabun, sampo, atau pembersih mobil yang bagus. Jangan sampai terpikat dengan harga yang murah, namun akhirnya membuat keausan dan cat mobil Anda luntur. Cari review produk yang ingin Anda beli, agar nantinya tidak merusak mobil. Lebih baik menggunakan produk yang generik dan andal daripada menggunakan produk dengan hasil yang tidak jelas.

4. Jangan gunakan cover pelindung saat mobil basah
Cover mobil bisa dipakai siang, malam, atau kapan saja. Namun satu hal yang harus Anda ingat, jika Anda menutupi mobil saat masih basah, hal itu dapat mengubah warna cat mobil, menyebabkan mobil mudah berkarat, berjamur, dan banyak masalah lainnya pada cat mobil.

Jika Anda tidak memiliki garasi di rumah dan ingin menggunakan penutup mobil pada malam hari, Anda harus memastikan terlebih dahulu kondisi mobil Anda. Jika Anda menutupi mobil dalam keadaan basah, cat bisa memudar sedikit demi sedikit.

Mobil bisa dicat ulang, tapi biayanya tergantung kendaraan Anda. Umumnya kendaraan di cat jika terjadi cacat atau kerusakan seperti tergores atau untuk menjaga kondisi kendaraan tetap baik. Sedangkan untuk biaya pengecatan biasanya dihitung dari satu bagian ke bagian lainnya, misalnya jika mobil Anda terdapat goresan pada pintu depan pengemudi, maka harga untuk satu pintu penuh akan dikenakan.

Jika ada tutup di pintu depan dan bak belakang, itu bisa dianggap sebagai sisi penuh dari pintu depan dan belakang, jadi Anda harus membayar dua kali lipat. Umumnya harga cat satu pintu adalah Rp 500.000, - tergantung jenis kendaraan, warna dan kualitas cat yang digunakan. Jadi bisa lebih murah atau lebih mahal dari harga ini.

5. Asuransikan mobil Anda
Jika Anda sudah memiliki mobil, penting bagi Anda untuk melindungi mobil Anda dengan produk asuransi mobil. Produk asuransi ini akan menanggung mobil yang mengalami kerusakan ringan, rusak berat, atau bahkan hilang akibat pencurian. Jadi jika mobil Anda sedikit tergores atau tergores, asuransi bisa diberi ganti rugi.

Selain dari kontrak asuransi mobil Anda, Anda harus rajin merawat bearing Anda agar permanen. Servis rutin untuk bengkel bersertifikat, agar Anda terhindar dari masalah yang tidak diinginkan saat berkendara.

Related Posts

0 Response to "Cara Membuat Mobil Tetap Bersih Dan Kinclong"

Posting Komentar