Inilah Manfaat Surat Al-Fatihah Untuk Segala Kebutuhan Hidup Manusia | ADDY SUMOHARJO BLOG

Inilah Manfaat Surat Al-Fatihah Untuk Segala Kebutuhan Hidup Manusia

Al-Fatihah Dinamakan Ummul Qur’an (induk Al-Quran/أمّالقرءان) atau Ummul Kitab (induk Al-Kitab/أمّالكتاب) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Dinamakan pula As Sab’ul matsaany (tujuh yang berulang-ulang/السبعالمثاني) karena jumlah ayatnya yang tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam sholat. (Arab: الفاتح , al-Fātihah, “Pembukaan”) adalah surah pertama dalam al-Qur’an. Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat. Al-Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Al-Qur’an. Surah ini disebut Al-Fatihah (Pembukaan), karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainya Al-Quran.


Al-Fatihah merupakan satu-satunya surah yang dipandang penting dalam SHOLAT. SHOLAT dianggap tidak sah apabila pembacanya tidak membaca surah ini. Dalam hadits dinyatakan bahwa sholat yang tidak disertai al-Fatihah adalah sholat yang “tidak sempurna”. Walau begitu, hal tersebut tidak berlaku bagi orang yang tidak hafal Al-Fatihah. 

Dalam pelaksanaan sholat, Al-Fatihah dibaca setelah pembacaan doa Iftitah dan dilanjutkan dengan “AMIN” dan kemudian membaca ayat atau surah al-Qur’an (pada rakaa’at tertentu). Al-Fatihah yang dibaca pada rakaat pertama dan kedua dalam sholat, harus diiringi dengan ayat atau surah lain al-Qur’an. Sedangkan pada rakaat ketiga hingga keempat, hanya Al-Fatihah saja yang dibaca.

Disebutkan bahwa pembacaan Al-Fatihah seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW adalah dengan memberi jeda pada setiap ayat hingga selesai membacanya. Selain itu, kadang bacaan Nabi Muhammad pada ayat Maliki yaumiddin dengan ma pendek dibaca Māliki yaumiddīn dengan ma panjang.

Dalam sholat, Al-Fatihah biasanya diakhiri dengan kata “Amin”. “Amin” dalam sholat Jahr biasanya didahului oleh imam dan kemudian diikuti oleh makmum. Pembacaan “Amin” diharuskan dengan suara keras dan panjang. Dalam hadits disebutkan bahwa makmum harus mengucapkan “amin” karena malaikat juga mengucapkannya, sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa “amin” diucapkan apabila imam mengucapkannya.

Pembacaan Al-Fatihah dan surah-surah lain dalam sholat ada yang membacanya keras dan ada yang lirih. Hal itu tergantung dai sholat yang sedang dijalankan dan urutan rakaat dalam sholat. Sholat yang melirihkan seluruh bacaannya (termasuk Al-Fatihah dan surah-surah lain) dari awal hingga akhir sholat, disebut Sholat Sir (membaca tanpa suara). Sholat Sir contohnya adalah Sholat Zuhur dan Sholat Ashar dimana seluruh bacaan sholat dalam sholat itu dilirihkan.

Selain sholat Sir, terdapat pula sholat Jahr, yaitu sholat yang membaca dengan suara keras. Sholat Jahr contohnya adalah sholat Subuh, sholat Maghrib, dan sholat Isya’. Dalam sholat Jahr yang berjamaah, Al-Fatihah dan surah-surah lain dibaca dengan keras oleh imam sholat.

Sedangkan pada saat itu, makmum tidak diperbolehkan mengikuti bacaan Imam karena dapat mengganggu bacaan Imam dan hanya untuk mendengarkan. Makmum diperbolehkan membaca (dengan lirih) apabila imam tidak mengeraskan suaranya. Sementara dalam Sholat Lail, bacaan Al-Fatihah diperbolehkan membaca keras dan diperbolehkan lirih.

Adapun beberapa contoh manfaat surah Al-Fatihah untuk Segala Kebutuhan Hidup Manusia adalah sebagai berikut :

IKHTIAR MENGHILANGKAN PENYAKIT FISIK DAN METAFISIK BERAT
Tulislah surat Al-Fatihah dengan huruf Arab pada piring putih dan suci lalu dihapuskan dengan air. Lalu baca doa…

“Ya Allah, hilangkan daripada orang ini keburukan dan kekejian yang aku dapati dengan doa Nabi-Mu yang jujur (al- Amin) dan tetap disisi-Mu”.

dan berikan minum pada orang yang SAKIT, maka ia akan SEMBUH dengan izin Allah SWT.

Bila penyakit fisik dan metafisik yang tergolong ringan cukup baca Surah Al-Fatihah sebanyak 40 kali dan tiupkan ke piring berisi air dan air itu diusap-usapkan pada kedua belah tangan, kedua belah kaki, muka, kepala dan seluruh badan, lalu diminum, Insya Allah menjadi sembuh.

UNTUK MENGHILANGKAN SAKIT GIGI
Untuk dirinya sendiri caranya sbb: sediakan air yang dicampur garam lalu membaca Al-Fatihah setelah itu tiupkanlah ke air yang bercampur garam tersebut dan pakai untuk berkumur sekitar 3 menit lalu buang air tersebut. Insa Allah sakit akan segera hilang.

HILANGKAN SIFAT PELUPA
Ikhtiar menghilangkan sifat pelupa Tulislah surat Al-Fatihah dengan huruf Arab pada piring putih dan suci lalu dihapuskan dengan air dan berikan minum pada orang yang pelupa, maka ia akan hilang sifat pelupanya dengan izin Allah SWT.

SEMUA HAJAT DAN PERMOHONAN AKAN TERKABUL
Membaca surah Al-Fatihah sebanyak 41 kali berturut-turut MENJELANG SHOLAT SUBUH kemudian memohon kepada Allah dengan doa sebagai berikut:

INNAMA AMRUHU IDZA ARODA SYAIAN AYYAQULA LAHU KUN (SAMPAIKAN HAJAT ATAU PERMOHONAN ANDA DENGAN BAHASA YANG ANDA MENGERTI) FAYAKUN.

Insya Allah semua hajat anda akan dipenuhi oleh Allah SWT.

Siapa berhajat kepada Allah SWT dan membaca Al Fatihah sebanyak 41kali diantara sembahyang sunat subuh dan sembahyang fardhu Subuh sampai 40 hari (tidak lebih) kemudian memohon kepada Allah SWT atas hajatnya itu, insya Allah akan terpenuhi hajatnya.

PEMBUKA REZEKI, PANGKAT DERAJAT, MUDAHKAN URUSANNYA, HILANGKAN KESUSAHAN, BAROKAH DAN KEMULIAAN, BERWIBAWA, BERPANGKAT LUHUR, BERPENGHIDUPAN BAIK, ANAK-ANAK TERLINDUNG DARI KEMUDHARATAN DAN KERUSAKAN SERTA DIANUGERAHKAN KEBAHAGIAAN
Baca Al-Fatihah sebanyak 20 kali setiap selesai sembahyang fardhu.
Barang siapa mengamalkan bacaan Al Fatihah sebanyak 20 kali setiap selesai sholat fardu lima waktu maka Allah SWT akan meluaskan rezekinya, menjadikan baik akhlaknya, memudahkan urusannya, menghilangkan keprihatinan dan kesusahannya, menganugerahkan apa yang ia impikan, mendapatkan berbagai berkah, kebaikan dan kemuliaan, menjadikan ia penuh wibawa, berperilaku luhur, berpenghidupan baik dan ia beserta anak-anaknya akan terlindung dari kemudharatan, kerusakan serta dianugerahkan kebahagiaannya dan masih banyak lagi.

Membersihkan Hati dan Pikiran
Barang siapa membaca Al Fatihah dalam keadaan berwudhu sebanyak 70 kali setiap hari selama tujuh hari, lalu ditiupkan pada air suci dalam gelas kemudian diminum maka ia akan memperoleh ilmu dan hikmah serta hatinya dibersihkan dari pikiran yang rusak.

Sebagai Perlindungan
Barang siapa membaca Al Fatihah ketika hendak tidur, Surah Al Ikhlas sebanyak 3 kali, Al-Falaq dan An-nas, maka ia akan aman dari segala hal selain ajal.

Menaikkan Derajat dan Melunasi Hutang
Barangsiapa membaca Al Fatihah beserta bismillah diantara sunat Subuh dan fardhu Subuh dengan istiqomah maka jika ia menginginkan pangkat, terkabullan permohonannya dan kalau ia fakir maka akan jadi kaya dan jika punya hutang maka ia akan mampu untuk membayarnya. Serta apabila ia sakit maka akan disembuhkan dan kalau punya anak maka anaknya itu menjadi anak yang sholeh, berkat surat Al Fatihah.

Mendapatkan Pencerahan
Barang siapa mengamalkan bacaan Al Fatihah sebanyak 125 kali usai sholat Subuh maka ia akan memperoleh maksudnya dan menemukan apa yang dicari-cari serta memanjatkan doa “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran Surat Al Fatihah dan rahasianya, supaya dimudahkan bagiku semua urusanku, baik urusan dunia maupun akhirat, agar dijabah permohonanku dan ditunaikan hajatku …”

Pembuka Pintu Rezeki dan Mempermudah Urusan
Barang siapa membaca Al Fatihah diwaktu sahur (tengah malam) sebanyak 41 kali maka Allah SWT akan membukakan pintu rezeki baginya dan akan memudahkan urusannya tanpa kesusahan dan kesulitan. Selesai membaca Al Fatihah tersebut dilanjutkan dengan doa

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran Surat Al Fatihah dan rahasianya, agar Engkau bukakan bagiku pintu-pintu rahmatMu, karuniaMU, dan RezekiMu. Dan Engkau mudahakan setiap urusanku, murahkanlah bagiku RezekiMu yang banyak lagi berkah tanpa kekurangan dan kesusahan. Sesungguhnya engkau berkuasa atas setiap sesuatu. Aku mohon kepada Mu dengan kebenaran Surat Al Fatihah dan rahasianya, berikanlah apa yang kuhajati…”

Mengobati Penyakit
Dengan membaca Surat Al Fatihah sebanyak 41 kali Insya Allah mampu untuk mengobati penyakit mata, sakit gigi, sakit perut, dan lainnya. Caranya adalah baca surat Al Fatihah sebanyak 40 kali pada tempat berisi air, lalu air tersebut diusap-usapkan pada kedua belah tangan, kedua belah kaki, muka, kepada dan seluruh badan. Sisanya diminum, dengan izin Allah penyakit akan sembuh.

Mengobati Penyakit dengan Tulisan Al Fatihah
Lebur tulisan Al Fatihah dengan huruf-huruf yang terpisah dengan air suci, lalu minumkan kepada orang yang sakit. Dengan kehendak Allah, ia akan sembuh.

Mengobati Sengatan Kalajengking
Ambil sebuah tempat bersih lalu diiisi air dan sedikit garam lalu bacakan Surat Al Fatihah sebanyak 7 kali lalu diminumkan pada orang yang tersengat, Insya Allah ia akan sembuh.

Dalam hadis sahih riwayat Al Bukhari mengatakan bahwa Al Fatihah mampu menjadi Penawar bisa dari sengatan. Seorang sahabat telah diminta mengobati ketua penduduk yang tengah disengat binatang berbisa. Kemudian seorang sahabat memberikan doa dengan menggunakan surat Al Fatihah. Atas izin Allah ketua kaum itu sembuh.

Caranya dengan membacakan Al Fatihah dengan mengumpulkan sedikit ludahan. Kemudian ditiupkan dan disertai sedikit ludahan pada bagian badan yang terkena sengatan

Demikian yang bisa saya disampaikan, dan masih banyak lagi amalan Surat al fatihah yang bisa kita rasakan dalam menikmati kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. terima kasih dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Related Posts