Sebuah rencana
bisnis menjelaskan model bisnis, produk, layanan, pasar, strategi, serta
kebutuhan pendanaan untuk bisnis baru atau perubahan bisnis yang sedang
dikerjakan.
Rencana bisnis
diperlukan untuk mendorong investor masuk ke dalam perusahaan. Dengan masuknya
investor ke dalam perusahaan diharapkan rencana bisnis yang telah dibuat dapat
direalisasikan.
Tentunya
diperlukan strategi khusus untuk membuat rencana bisnis menarik bagi investor.
Berikut beberapa hal yang dapat Anda terapkan dalam menyiapkan rencana bisnis:
1. Tentukan
produk atau jasa yang Anda tawarkan serta bagaimana mengatasi tantangan dalam
pasar.
Hal ini akan
menunjukkan nilai dalam memecahkan tantangan dengan mengidentifikasi dokumen
referensi pelanggan dan referensi industri dari konsultan atau penelitian
internal Anda.
Dengan begitu,
Anda akan menunjukkan kepada investor bagaimana menempatkan produk atau jasa
yang terpisah dari kompetisi.
Di samping itu,
tentukan pasar untuk bisnis selama periode lima tahun. Jelaskan bagaimana pasar
dapat berubah dari kerangka waktu dan bagaimana bisnis akan merespon perubahan
ini.
2. Menentukan
strategi bisnis dan langkah-langkah untuk mengeksekusi rencana tersebut.
Rencana bisnis
harus menjelaskan tentang potensi kemitraan, saluran penjualan dan proses
penjualan. Mengidentifikasi pesaing saat ini dan masa depan dan bagaimana
mereka akan bereaksi dengan bisnis di pasar.
Tentukan apakah
bisnis tersebut membutuhkan perlindungan paten dan kemungkinan untuk duplikasi
produk atau jasa. Jelaskan putaran dana yang diperlukan, rencana penawaran umum
perdana dan rencana akuisisi.
3. Buatlah
laporan laba-rugi multi-year.
Sertakan
proyeksi pendapatan, pengembangan produk, penjualan dan pemasaran, administrasi
umum dan pendapatan kotor. Tentukan dana awal yang Anda cari dan bagaimana dana
awal akan digunakan.
4. Identifikasi
manajemen perusahaan dan staf yang diperlukan.
Meringkas
tonggak utama untuk mencapai rencana bisnis termasuk kebutuhan dana, tujuan
staf, tujuan penjualan, dan peristiwa besar seperti gerakan ke pasar baru,
akuisisi, dan putaran pendanaan berikutnya.
5. Tulis rencana
bisnis menggunakan semua informasi yang diperlukan dan rencana pembaharuan
rencana bisnis bila diperlukan.