Obat Segala Macam Penyakit Sesuai Tuntunan Rasulullah | ADDY SUMOHARJO BLOG

Obat Segala Macam Penyakit Sesuai Tuntunan Rasulullah

Sebagai kekasih Allah, Nabi Muhammad juga mengalami sakit fisik. Rasulullah juga punya cara sendiri dalam mengobati penyakit yang menghampirinya. Berikut cara Nabi dalam mengobati penyakit yang dialaminya.

Pertama, Diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda; Jibril mengajari saya obat dengan pengobatan itu saya tidak lagi membutuhkan obat lain dan dokter. Kemudian Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali, bertanya; Apa itu wahai Rasulullah? Sesungguhnya kami sangat membutuh obat tersebut. Kemudian Nabi Muhammad SAW bersabda; Ambillah air hujan secukupnya, dan bacalah ayat-ayat surat Al-Fatihah, Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Naas, dan Al-Kursiy. Masing-masing dibaca 70 kali. Diminum pagi dan sore selama 7 hari. Demi Yang mengutus aku dengan hak sebagai seorang Nabi, Jibril telah berkata kepadaku, "Sesungguhnya siapa yang meminum air tersebut, Allah akan menghapus dan menghilangkan semua penyakit dari tubuhnya. Dan Allah akan menyembuhkan segala macam penyakit tersebut. Dan barangsiapa meminum air tersebut untuk istrinya, lalu tidur dengannya, maka istrinya akan hamil dengan idzin Allah. Dan air ini juga dapat menyembuhkan sakit mata, menghilangkan santet, santet/guna-guna, menghilangkan dahak, menyembuhkan sakit dada, sakit gigi, pencernaan, sembelit, masalah kencing, dan manfaat lainnya yang hanya Allah yang tahu.

Dalam buku Ensiklopedia Islam al-Kamil karangan Syekh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at-Tuwajiri, terdapat beberapa cara mengobati penyakit ala Rasulullah SAW. Cara-cara tersebut disusun berdasarkan sejumlah hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah sahabat.

Kedua, Rasululah meniup ke bagian tubuh yang sakit saat membaca doa pengamanan (mu'awwidzat). Ketika seseorang yang menderita suatu penyakit masih dapat meniupkan sendiri tubuhnya, Rasulullah SAW menjelang akhir hayatnya dibantu oleh Aisyah dalam ber-mu'awwidzat. Aisyah berkata: “Rasulullah SAW meniup tubuhnya sendiri ketika dia menderita sakit sebelum meninggal. Dia mu'awwidzat. Dan saat sakitnya bertambah parah, justru aku (Aisyah) yang meniupnya saat membaca mu'awwidzat. Lalu saya sapukan dengan tangannya sendiri karena kedua tangannya mengandung berkah, ”Hadits ini sahih dan diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. 

Ketiga, Rasulullah juga mengobati penyakitnya dengan meletakkan tangannya di bagian tubuh yang sakit sambil mengucapkan lafadz bismillah.

Keempat, ada hadits tentang kesehatan dan pengobatan yang cukup populer. Rasulullah bersabda: "Jintan hitam (habbatas-sauda) dapat menyembuhkan segala penyakit kecuali kematian,". Itulah sebabnya kita banyak menjumpai obat tersebut di toko kesehatan herbal.

Kelima, selain mengobati penyakit dengan menganjurkan pengobatan herbal alami seperti habat as-sauda, ​​Nabi juga mengobati penyakitnya dengan berbekam diri dan meminum madu.

Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: “Ada tiga macam penyembuhan antara lain bekam, minum madu, dan saya melarang umat saya menyembuhkan dengan alat pemanas besi,”.

Ketika virus corona mewabah di dunia hingga telah masuk ke Indonesia seperti sekarang ini, ada baiknya sebagai muslim kita harus menjaga diri dan kesehatan kita. Meniru gaya hidup Nabi, termasuk berdoa dan melakukan yang terbaik agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Related Posts

0 Response to "Obat Segala Macam Penyakit Sesuai Tuntunan Rasulullah"

Posting Komentar