Kata Sandang (Articles) Dalam Bahasa Inggris | ADDY SUMOHARJO BLOG

Kata Sandang (Articles) Dalam Bahasa Inggris

Articles adalah kata sandang yaitu huruf a, an, dan the. dengan Jenis-jenis kata articles, yaitu: definite dan indefinite. Ada juga zero article yang berarti tanpa kata sandang.

1. Definite Article (Kata Sandang Tertentu)
Definite Article adalah kata “the” yang digunakan pada hal yang spesifik atau yang sudah disebutkan sebelumnya, meliputi orang, benda, maupun pemikiran.

Contoh Kalimat Definite Article: 
There’s a girl in front of the bookstore. The girl wore boots. (Kata the girl merujuk ke kata a girl yang sudah disebutkan sebelumnya) 

2. Indefinite Articles (Kata Sandang Tak Tentu)
Indefinite article “a/an” adalah article yang digunakan pada noun (meliputi orang, benda, hewan, dll) yang tidak spesifik . Maksud “tidak spesifik” adalah tidak merujuk pada suatu orang, benda, ataupun ide tertentu, melainkan merujuk pada orang, benda, atau ide secara umum. Kata ini hanya digunakan sebelumsingular countable noun (kata benda yang dapat dihitung tunggal).

Contoh Kalimat Indefinite Article: 
a man, a book, an umbrella 
He goes to the swimming pool twice a week. (Dia pergi ke kolam renang dua kali seminggu.) 

3. Zero Article (Tanpa a, an, the) 
Zero article berarti tidak ada article (a, an, the) yang perlu untuk digunakan terhadap suatu noun. 
Beberapa macam noun yang tidak atau dapat tidak menggunakan article (tanpa a, an, the) antara lain adalah nama-nama bahasa, olahraga, academic subject, dll. 

Contoh Kalimat Zero Article: 
Can you speak Japanese? (Dapatkah kamu bicara bahasa Jepang?) 
That children played football. (Anak-anak itu bermain bola.)  

Oke, setelah anda paham dengan apa yang dimaksud articles, kini saatnya anda mencermati beberapa contoh kalimat articles agar pemahaman anda semakin baik, berikut contoh kalimatnya:
Contoh kalimat articles
Arti
I watched a movie last night.
Saya menonton film tadi malam.
Look at the man over there is unfriendly.
Lihatlah orang yang disana tidak ramah.
I read an amazing story.
Saya membaca sebuah cerita yang luar biasa.
I live in an apartment. The apartment is new.
Saya tinggal di sebuah apartemen. Apartemen baru.
My daughter really wants a dog for Christmas.
Putri saya benar-benar menginginkan anjing untuk Natal.
The dog that bit me ran away.
Anjing yang menggigit saya lari.
I was happy to see the policeman who saved my cat!
Saya senang melihat polisi menyelamatkan kucing saya.
Shanti buys a story book. The story book was written by Jennifer Lula.
Shanti membeli buku cerita. Buku cerita ini ditulis oleh Jennifer Lula.
He kicked the ball.
Dia menendang bola.
When I was at the zoo, I saw an elephant.
Ketika saya berada di kebun binatang, saya melihat gajah.

Related Posts