Amalan Doa Dan Ucapan Selamat Ulang Tahun | ADDY SUMOHARJO BLOG

Amalan Doa Dan Ucapan Selamat Ulang Tahun

Menyelenggarakan pesta ulang tahun yang Islami salah satu caranya yaitu dengan meniatkan pesta yang diselenggarakan adalah salah satu ibadah kepada Allah berupa ungkapan rasa syukur atas berkah umur dan kesehatan yang sudah diberikan selama ini. Dalam merayakan hari kelahiran juga dalam Islam kita diajarkan untuk selalu hidup sederhana dan tidak berlebihan. Rayakanlah dengan sederhana dan sesuai dengan kemampuan Anda, jangan berlebihan dan menghambur-hamburkan uang.

Salah satu cara merayakan hari ulang tahun secara Islami yaitu berbagi dengan orang-orang yang kurang mampu. Membahagiakan orang lain merupakan salah satu ibadah yang mulia, jadi berbagi pada saat hari ulang tahun sangat dianjurkan.

Ada beberapa Doa Ulang Tahun Dalam Islam dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya yang lengkap bisa Anda panjatkan ketika hari ulang tahun Anda tiba, berikut Doa yang bisa dipanjatkan ketika berulang tahun, Antara lain sebagai berikut:

1. Amalan Doa Selamat Ulang Tahun Mehohon Panjang Umur 
Doa yang pertama kali dipanjatkan ketika berulang tahun adalah doa memohon panjang umur. Dalam Islam mengajarkan sebuah doa untuk memohon panjang umur yaitu:
اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ
Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’ arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa’anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir.”

Artinya adalah Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan, kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

Doa ini bisa Anda panjatkan untuk diri sendiri ataupun untuk memberikan doa kepada teman atau saudara yang sedang berulang tahun.

2. Bacaan Doa Ulang Tahun Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan 
Orang yang sedang ulang tahun tentu akan memanjatkan doa memohon kesejahteraan dan keselamatan. Kesejahteraan dan keselamatan yang dimohonkan bisa berupa keberkahan rezeki, ampunan dari dosa-dosa yang pernah diperbuat, dan berkah ilmu yang selama ini sudah di dapatkan. Berikut ini amalan doanya yang dapat anda baca :
اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ
“Allahuma inna nasaluka selamatan fid daini wa ‘afiyata dil jasadi wa ziyadatan fil ‘ilmi wa baraktan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rahmatan indalmauti wa maghfirtan ba’dal mauti.”

Artinya adalah Ya Allah kami mohonkan kepada Mu keselamatan agama, kesejahteraan tubuh, penambahan ilmu, rezeki yang berkah, bertaubat sebelum mati, rahmat ketika mati, dan pengampunan setelah kematian.”

Doa ini menggambarkan bahwa Anda memohon kepada Allah untuk selalu diberikan kesejahteraan dan pengampunan terhadap dosa-dosa yang sudah pernah dilakukannya.

3. Bacaan Doa Ulang Tahun dalam Islam Memohon Dijadikan Anak Yang Saleh
Jika Anda sudah mempunyai anak tentu saja ingin mendoakan anaknya di hari kelahirannya. Doa yang bisa dipanjatkan oleh orang tua untuk anaknya di hari kelahirannya yaitu mendoakan agar anak bisa menjadi anak yang saleh dan berbakti kepada kedua orang tua. Anak yang saleh merupakan salah satu aset berharga bagi orang tua karena anak yang saleh bisa menyelamatkan kedua orang tuanya kelak di hari pembalasan. Mendoakan anak agar menjadi anak yang saleh adalah kewajiban setiap orang tua, ada pun doa untuk memohon agar anak dijadikan anak yang saleh yaitu:
رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ
Rabbi habli min ladunya dzurriyatan thaiyyibatan innaka sami’ud du’a’i.

Artinya yaitu Ya Allah ya Tuhan kami berikanlah kami anak yang saleh dan salehah karena hanya sesungguhnya Engkaulah zat yang maha mendengarkan setiap doa.

4. Doa Ulang Tahun Memohon Diberikan Kemuliaan
Ketika berulang tahun seseorang tentu saja ingin diberikan kemuliaan dalam hidupnya. Doa ulang tahun untuk meminta kemuliaan dalam Islam yaitu:
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا
“Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina wa qurrata a’yunin waja’lna lilmuttaqina imaman.”

Artinya yaitu Ya tuhan kami, anugerahkanlah kami istri dan anak cucu yang bisa menyenangkan kami dan jadikan kami imam untuk orang-orang bertaqwa.”

Doa ini bisa Anda panjatkan ketika salah satu anggota keluarga Anda sedang berulang tahun. Ucapkan doa ini agar keluarga Anda mendapatkan kemuliaan di mata Allah.

5. Contoh Format Ucapan Selamat Ulang Tahun
Tiada kado yang lebih berharga dihari ulang tahunmu
Selain kata-kata “Selamat Ulang Tahun”
Tiada doa yang bisa kupanjatkan
Selain doa semoga panjang umur dan bahagia
Semoga akal semakin luas dan cerdas,
semoga hati semakin bersih dan bijak,
semoga jasad semakin cekatan dan terampil dalam berbuat kebajikan….
Met Milad

Sucikan diri dengan wudhu..
Bersih kan jiwa dengan shalat…
Sucikan hati dengan ke ikhlasan..
Sucikan usia dengan cinta mu..
Selamat ulang tahun Kekasihku/Sobatku

Semoga di hari ini/ulang tahunmu dan seterusnya
Allah Swt senantiasa memberikan
Taufik Rahmat Berkah, Lindungan
& keselamatan, Rejeki & hidayah
Serta Ridho’Nya.

Ingatlah dan camkanlah beberapa hal :
Bahwa yang singkat itu WAKTU,
Yang dekat itu MATI,
Yang besar itu NAFSU,
Yang berat itu AMANAH,
Yang sulit itu IKHLAS,
Yang mudah itu BERBUAT DOSA
Yang abadi itu AMAL KEBAJIKAN,
Yang akan di investigasi itu AMAL PERBUATAN,
Yang jauh itu MASA LALU.

Ya Allah..panjangkanlah umurnya, kurniakanlah kesehatan yang baik padanya, terangi hatinya dengan nur pancaran iman..
Ya Allah..tetapkanlah hatinya, perluaskanlah rezekinya, dekatkanlah hatinya kepada kebaikan, jauhkanlah hatinya pada kejahatan, tunaikanlah hajatnya baik hajat dalam agama,dunia dan akhirat…
Ya Muhaimin..Jangan biarkan dirinya tertatih dan terjatuh dalam perjalanan panjang menyeru manusia kejalanMu..
Ya Allah..kurniakanlah kepadanya kesenangan, ketenangan, kebahagiaan dan kecemerlangan hidup di dunia dan akhirat kelak..
Ya Rabbul Izzati..bahagiakanlah hatinya sebagaimana Engkau bahagiakan hati hambaMu yang lain… AMIN Ya Rabbal ‘Alamiin..

Saran buat rekan-rekan yang akan merayakan pesta ulang tahun sangat disarankan untuk tidak membuat pesta yang berlebihan dan menghambur-hamburkan uang. Sifat suka menghambur-hamburkan uang termasuk sifat yang tercela dan di benci oleh Allah. Untuk merayakan hari ulang tahun sebaiknya isilah dengan amalan doa Allah SWT dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi orang lain. Momen ulang tahun ini bisa Anda jadikan untuk mengintrospeksi diri sendiri apa saja hal yang sudah dilakukan selama ini dan hal apa saja yang harus diperbaiki agar kehidupan di usia yang semakin bertambah tua bisa semakin lebih baik. Jangan lupa untuk mengucap syukur dan panjatkanlah amalan doa selamat ulang tahun yang telah saya uraikan di atas dan semoga bermanfaat.

Related Posts