Jadwal Penerimaan CPNS Tahun Ini Akan Segera Dibuka | ADDY SUMOHARJO BLOG

Jadwal Penerimaan CPNS Tahun Ini Akan Segera Dibuka

Tahun ini Akses pendaftaran CPNS 2021/2022 di sscn.bkn.go.id atau klik disini tinggal menunggu dibuka  rencana tanggal 31 Mei 2021 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Adapun tahapan penerimaan CPNS tahun ini seperti penjelasan gambar diatas meliputi :
  1. Tahap pertama diawali dengan tahap pengumuman, 
  2. kedua pendaftaran dan verifikasi administrasi.
  3. Dilanjutkan pelaksanaan seleksi (SKD dan SKB).
  4. Pengumuman kelulusan. 
  5. Sedangkan tahap pemberkasan dimulai pada bulan Maret 2020.
Sebelumnya, Kemenpan RB secara resmi mengeluarkan peraturan menteri terkait penerimaan CPNS 2021/2022. Peraturan menteri tersebut bernomor 37 Tahun 2018 itu mengatur tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2021/2022. adapun Nilai ambang batas SKD merupakan nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi CPNS. Dimana peraturan tersebut menyebutkan :

SKD CPNS tahun 2021/2022 terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan Nilai ambang batas tersebut yakni 143 untuk soal TKP, 80 untuk soal TIU, dan 75 untuk soal TWK. Sedangkan Jumlah soal yang akan diujikan adalah 100 butir, terdiri dari 35 soal TKP, 30 soal TIU, dan 35 soal TWK.



Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pun sudah menyatakan sistem infrastruktur rekrutmen CPNS sudah siap. Sehingga tahapan pendaftaran CPNS 2021/2022 sudah bisa dilakukan, tahapan itu sebagai berikut:
  1. Perencanaan dan tata cara dan mekanisme pendaftarannya dapat anda baca Di sini
  2. Pengumuman lowongan selama minimal 15 hari kalender
  3. Pelamaran (melalui sscn.bkn.go.id) atau klik disini
  4. Seleksi (administrasi, kompetensi dasar, kompetensi bidang) berkas yang harus anda siapkan klik disini
  5. Pengumuman hasil seleksi.
Selain itu, penerimaan CPNS tahun 2021/2022 sudah dipastikan akan menggunakan sistem seleksi terintegrasi. Dengan sistem baru tersebut, penerimaan CPNS hanya akan menggunakan satu portal  yaitu sscn.bkn.go.id atau klik disini adapun kelebihan test CPNS tahun ini yaitu :

1. Membuat portal SSCN menjadi user friendly
Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan, kesiapan infrastruktur yang berada di bawah pengelolaan BKN di antaranya portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan sistem Computer Asissted Test (CAT) dalam mendukung rekrutmen CPNS yang objektif dan akuntabel.

Menurut dia, portal SSCN akan lebih user friendly, dengan adanya self guided mechanism yang akan meminimalisasi kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan.

2. Informasi real time
Ridwan mengatakan, calon pendaftar juga akan mendapatkan informasi real time tentang jumlah pelamar pada formasi tertentu dari kementerian/lembaga/daerah tertentu.

Dengan cara ini, calon pelamar diharapkan semakin dimudahkan melakukan pendaftaran saat penerimaan CPNS 2021/2022 resmi dibuka.

3. Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
176 titik lokasi yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

4. SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) hanya melalui CAT BKN
Mulai tahun ini, seluruh pelaksanaan SKD dan SKB hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis CAT BKN yang akan diselenggarakan BKN selaku Panselnas. Perubahan mekanisme seluruh proses seleksi CPNS ini dipastikan sesuai ekspektasi publik.

5. Alur pendaftaran lebih Singkat
Selain perubahan dari proses seleksi, pendaftaran CPNS akan dilakukan melalui portal nasional di laman http://sscn.bkn.go.id atau klik disini dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi daerah maupun pusat.

Sebelumnya, pada rekrutmen CPNS periode pertama tahun lalu yang melingkupi Kemenkum HAM dan MA, setiap pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) instansi yang dituju dengan syarat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan masing-masing instansi.

Oleh karena itu, alur pendaftaran CPNS mendatang akan lebih singkat dengan adanya perubahan mekanisme ini. Dengan demikian, pelamar akan lebih mudah karena pendaftaran satu pintu. Jika sudah dibuka aksesnya ini link situs SSCN KLIK DISINI. Adapun tata cara dan mekanisme pendaftarannya dapat anda baca Di sini

Pemerintah pun masih menerapkan prinsip zero minus growth dalam rekrutmen CPNS tahun ini. Hal itu berarti moratorium CPNS dalam rekrutmen tahun ini tetap diberlakukan, kecuali untuk guru dan tenaga kesehatan. "Kecuali untuk formasi guru dan dosen karena sangat dibutuhkan, guru madrasah juga termasuk. Kemudian yang sangat dibutuhkan adalah tenaga kesehatan sehingga formasinya akan didominasi guru dosen dan tenaga kesehatan," kata Menpan-RB Syafruddin. Syafruddin pun menambahkan, keputusan pemerintah membuka kembali rekrutmen CPNS tahun ini sebagai upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) aparatur yang lebih berkualitas. "Hal ini juga untuk mewujudkan birokrasi yang berkelas dunia pada 2024," ujar Syafruddin.

Related Posts