Sebuah perencanaan
bisnis adalah gambaran kegiatan atau program kerja perusahaan atau wirausaha ke
depan, melalui program-program yang telah ditentukan sebagai upaya untuk
menggapai tujuan bersama.
Perencanaan
menggambarkan prediksi dan tindakan yang akan dilakukan daam jangka pendek,
menengah, dan panjang oleh perusahaan.
Untuk menggapai
tujuan tentunya dibutuhkan perencanaan yang strategis yang mampu mewadahi
jalannya perusahaan sesuai dengan situasi dan kondisi. Lantas, pahamkah Anda
tentang perencanaan strategis?
Perencanaan
strategis adalah perencanaan yang mempertimbangkan tentang apa yang hams
dilakukan sebuah organisasi, cara melakukannya, dan arah tujuan organisasi
tersebut sehingga sebuah organisasi atau perusahaan akan berjalan dengan
efektif dan efisien sesuai dengan perencanaan kerja.
Dalam sebuah
perencanaan strategis para wirausahawan harus mebuat jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :
Apa posisi
sekarang?
Bagaimana Anda
mencapai posisi sekarang?
Bisnis Apa yang
Anda jalankan?
Apa perspektif
masa depan Anda?
Apa rute yang
Anda rencanakan untuk mencapai tujuan Anda?
Tanpa strategi
yang mumpuni, maka sebuah perencanaan tidak akan berpengaruh apa-apa dalam
implementasi kerja di lapangan. Untuk itu, butuh sebuah formulas! yang jitu
untuk sebagai stimulus bagi jalannya perencanaan yangsudah disusun.
Perencanaan
strategis mencakup kerangka dan proses yang akan memandu para wirausahawan
dalam mengarungi usahanya sehingga terdapat pedoman dalam melakukan tindakan
kerja di lapangan. Tuntutan pasar dan perbedaan harapan konsumen yang beragam
tentunya mengharuskan Anda untuk melakukan evaluasi dalam perencanaan program
kerja.
Ketika sebuah
perencanaan sudah tidak relevan untuk diterapkan, sebaiknya Anda menggantinya
dengan perencanaan yang lebih baik lagi. Perencanaan yang lebih sesuai dengan
situasi dan kondisi di lapangan.
Untuk lebih
memperdalam lagi pengetahuan Anda tentang perencanaan strategis, sebaiknya Anda
mengetahui karakteristik perencanaan strategis dalam dunia bisnis sehingga perencanaan
yang Anda buat tidak keliru.
Perencanaan
sebaiknya fleksibel sehingga mudah beradaptasi dengan perubahan yang disebabkan
oleh permintaan pasar dan pengaruh lingkungan masyarakat.
Perencanaan
sebaiknya bersifat responsif atas lingkungan dan kondisi pasar.
Perencanaan
sebaiknya cukup kreatif untuk menginspirasi komitmen dan membuat perencanaan
yang dapat menonjolkan perusahaan atau organisasi di dunia bisnis.
Perencanaan
sebaiknya menantang, tetapi Anda harus membuat perencanaan yang realistis sehingga
orang dapat menerima dan mau bergabung dalam usaha Anda.
Perencanaan
harus fokus secara jelas, terdefinisi dengan baik, dan tidak ambigu.
Setelah lama
kita berbicara permasalahan perencanaan strategis, tahukah Anda tujuannya dalam
sebuah usaha? Berikut ini tujuan perencanaan strategis.
Memberikan
pemahaman pada organisasi/perusahaan mengenai posisi organisasi /perusahaan
dalam pasar.
Memberikan
arahan dan tujuan pergerakan organisasi/perusahaan.
Meningkatkan
komunikasi dan motivasi orang-orang yang terlibat dan mengetahui prospek bisnis
mereka ke depan sehingga dapat memotivasi mereka untuk bekerja dengan
kepercayaan diri dan kerja keras.
Kontrol pada
masalah utama seperti kualitas, produksi, dan customer.
Membantu
organisasi mencapai hasil yang diinginkan dan menjadi target
organisasi/perusahaan selama ini, yang telah tersusun dalam perencanaan bisnis.
Kisah Sukses Joe
Hartanto, Figur Wirausahawan yang Pandai Mengatur Strategi Bisnis
Joe Hartanto
begitulah namanya, seorang wirausahawan yang jenius yang cerdas dalam bermain
strategi kewirausahaan. Usahanya yang dimulai dari nol. Namun, dengan modal
kepiawaiannya dalam mengatur strategi dan konsistensinya dalam menjalankan
usaha, ia bisa sukses juga.
Meskipun ia
sempat mengalami kegagalan berkali-kali hingga terjatuh bangun dalam usahanya
tidak lantas membuatnya patah semangat. Pengalaman dari kegagalan-kegagalan
yang dialaminya dalam merintis usaha justru menjadi salah satu power yang
dimiliki oleh Joe. ia mampu untuk memetik pelajaran dan hikmah dari
kegagalannya dalam merintis usaha.
Banyak memakan
asam garam kehidupan dunia bisnis membuat Joe menjadi orang yang dewasa dan
matang dalam berpikir.
Bisnis yang ia
geluti saat ini berbeda dengan bisnis terdahulu, dimana Joe melakukan perubahan
pada strategi pengelolaan bisnis. Baik dari pemasaran, pelayanan, dan
lain-lain, la lakukan agar sesuai dengan permintaan customer.
Kerja keras dan
konsisten tinggi membuat bisnis investasi properti yang menghasilkan passive
income dan juga memiliki berbagai divisi usaha yang sukses dan menguntungkan.
Rahasia
kesuksesan seorang Joe terletak pada strateginya yang unik dan luar biasa dalam
membangun peternakan atau portfolio properti tanpa harus mengeluarkan modal,
dan mendapat tambahan modal untuk mengembangkan usahanya yang lain.
Disebabkan
efektivitas strategi Joe dalam bidang bisnis tersebut membuatnya mendapatkan
keuntungan yang luar biasa, bahkan omzetnya mencapai 20 kali lipat dalam
rentang waktu 3 tahun saja.
Betapa
pentingnya sebuah strategi dalam merintis sebuah usaha. Terlebih lagi dalam
dunia bisnis yang memang menghadapi risiko yang sangat tinggi.
Strategi dalam
dunia usaha adalah sebagai power bagi seseorang yang tidak dimiliki oleh orang
lain sehingga usahanya tidak mudah tergerus oleh persaingan bisnis.
Strategi yang
dilakukan oleh Joe adalah strategi yang luar biasa yang mana ia menerapkan
strategi unik yang tidak dimiliki oleh orang lain sehingga menjadikan strategi
Joe sebagai sebuah kekuatan tersendiri untuk usahanya.
Sebuah strategi
berguna untuk mensiasati dalam pengelolaan bisnis sehingga akan berjalan dengan
efektif dan efisien.