Daya saing dalam
dunia bisnis saat ini sudah menjadi persaingan yang sangat “mencekam”, istilah
hukum alam yang kuat yang bertahan kini sudah semakin jelas terpampang bagi
para pebisnis.
Untuk menghadapinya
maka setiap pebisnis tentu membutuhkan strategi yang jitu untuk memajukan
usahanya dan salah satu poin utama adalah sektor pemasaran. Stategi pemasaran
yang tepat itu akan berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda.
Nah, Anda ingin
bisnis Anda sukses? Maka saatnya Anda menentukan strategi yang pas dalam
pemasaran produk Anda. Apa yang harus Anda lakukan untuk membentuk strategi
tersebut? Berikut ulasannya.
PERLUAS
PENGETAHUAN
Pengetahuan
merupakan faktor penting dalam kehidupan, begitu pula dalam dunia bisnis. Untuk
menyusun strategi tentu Anda harus memperluas sudut padang dan pengetahuan Anda
khususnya pada pemasaran produk.
Sangat
disarankan agar Anda berani turun langsung untuk menengok kondisi pasar saat
ini, hal ini penting untuk menyusun strategi.
Lakukan riset
untuk melihat seperti apa pergerakan konsumen dan para pesaing Anda sebelum
menentukan harga produk hingga penetapan anggaran pemasaran Anda.
PROMOSI
Tingkat
kesuksesan sangat berpengaruh pada pengenalan produk Anda di kalangan konsumen.
Tentu Anda menginginkan agar produk Anda bisa mendapat tempat yang baik di
konsumen maupun calon konsumen Anda.
Nah, strategi
tepat yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan promosi produk Anda.
Strategi promo
yang paling sederhana adalah memperkenalkan produk Anda dari mulut ke mulut,
mulai dari orang-orang terdekat hingga memperkenalkannya melalui dunia maya
seperti membuat fan page atau sebuah website untuk bisnis Anda.
Strategi ini
sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda.
TINGKATKAN
PELAYANAN
Konsumen
merupakan titik perhatian yang paling penting dalam berbisnis, karena dari
sinilah Anda meraup pemasukan. Saat konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan
maka tentu nama produk hingga perusahaan menjadi taruhannya.
Poin terakhir dari
strategi yang Anda butuhkan adalah meningkatkan kualitas pelayanan Anda pada
konsumen. Untuk hal ini Anda bisa menerapkan beberapa strategi seperti melayani
dengan ramah hingga membangun kedekatan kepada para konsumen. Anda tidak perlu
ragu karena kritikan yang mungkin mereka beri akan sangat baik untuk
menyempurnakan strategi pada sektor pemasaran Anda.
Kalau Anda melihat Bill Gates atau Mark Zuckenberg, pasti Anda tergiur dengan kekayaan mereka yang luar biasa. Tapi sadarkah Anda, bahwa mereka juga memulai semuanya dari usaha kecil mereka. Dan tak satupun dari mereka yang menduga bakal mencetak keberhasilan seperti sekarang.
Untuk mencapai usaha yang sukses di butuhkan beberapa kunci untuk mencapai kesuksesan tersebut, berikut adalah kunci kesuksesan tersebut:
Perbudak diri sendiri. Jika Anda tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk Anda. Pada awalnya, Anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Anda, adalah Anda sendiri.
Hargai waktu. Beri nilai uang pada waktu Anda, misalnya Rp 20 ribu perjam. Ini akan membantu saat Anda harus mengambil keputusan: Bila sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi.
Gunakan teknologi terbaru. Teknologi anyar seperti aplikasi dan penyimpaanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran.
Jadilah yang terbaik. Anda tidak boleh setengah-setengah.Setiap hal yang Anda lakukan untuk klien harus lah yangterbaik. Apapun yang Anda buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar.
Lebih realistis. Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.
Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan sifat-sifat yang membuat atau mondorong diri kita untuk yakin terhadap usaha yang kita jalankan, berikut sifat-sifat tersebut:
Percaya diri
Tekun
Giat
Rajin
Pandai
Berani mengambil resiko
Berani bertindak
Pandai dalam melihat peluang
Menghargai waktu
Dari sifat-sifat tersebut kita bisa memberikan strategi terhadap usaha kita, disini saya akan memberikan strategi agar usaha yang kita jalankan tidak mengalami kegagalan:
Pilihlah bisnis tanpa saingan
Jika anda memiliki bisnis tanpa saingan maka anda tidak akan pernah kalah,bagaimana bisa kalah jika anda tidak memiliki saingan. Tauhkah anda bahwa masih banyak bisnis-bisnis yang belum banyak ememiliki saingan asalkan kita dapat melihat peluang.
Pilihlah bisnis yang brilian
Coba bayangkan anda sudah berada di zona tanpa saingan, kemudian anda mendapatkan ide bisnis yang brilian ide bisnis terbaik bukan asal ide. Mengetahui apa yang dibutuhkan dan bagaimana cara mendapatkannya
Bingung adalah salah satu penyebab kegagalan dalam usaha bisnis, yang harus kita lakukan adalah kita harus selalu bertindak maka usaha yang kita jalankan tidak akan gagal.
Apa pun usaha atau bisnis yang kita jalankan pasti kita bisa untuk membuat bisnis kita menjadi suskes, dengan syarat kita pansai melihat peluang tersebut, demikian artikel yang dapat saya berikan.