10 Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Pemula | ADDY SUMOHARJO BLOG

10 Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Pemula

Kebanyakan orang bermimpi menjadi pengusaha besar dan sukses. Tapi, hanya sebagian kecil yang benar-benar hidup melalui mimpi. Alasannya sederhana, memulai dan mengelola bisnis Anda sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Selain memiliki kekuatan mental yang sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan dengan cermat.

Menjadi pengusaha itu tidak mudah. Data menunjukkan bahwa tidak banyak bisnis yang dapat melewati tiga tahun pertama mereka. Karena itu, mengetahui bagaimana pengusaha sukses yang memulai dari bawah untuk bisnis mereka akan menjadi tips yang berharga. Salah satunya adalah dari Mark Cuban, seorang pengusaha sukses yang mengembangkan bisnis TV kabel di Amerika. Kuba menyebutkan rahasia menjadi pengusaha sukses (start-up), adalah sebagai berikut :

  1. Jangan memulai bisnis kecuali obsesi dan sesuatu yang Anda cintai. 
  2. Jika di awal-awal Anda sudah memiliki exit strategy, berarti bisnis yang Anda bangun bukan obsesi. 
  3. Rekrut orang yang menyukai bekerja di perusahaan Anda. 
  4. Ketahui bagaimana perusahaan Anda akan menghasilkan uang dan ketahui caranya. 
  5. Ketahui kompetensi utama Anda dan fokuslah kepadanya hingga melahirkan sesuatu yang luar biasa. Kalau perlu pekerjakan orang yang mampu mendorong Anda meningkatkan kompetensi Anda. 
  6. Apakah Anda merasa tertekan dengan waktu? Orang yang menyukai pekerjaannya, mereka akan menemukan cara bagaimana menggunakan waktu sebaik mungkin untuk pekerjaannya. 
  7. Bukalah kantor yang mampu menjaga semua orang selaras dengan apa yang sedang terjadi dan mampu menjaga energi mereka. Tidak ada privasi di perusahaan pemula. Jika ada karyawan yang meminta privasi, tunjukkan bagaimana ia bisa mengunci diri di kamar mandi. 
  8. Sepanjang itu menyangkut teknologi, ketahui apa yang ingin Anda ketahui meski kadang biayanya tidak murah. Misalnya, jika tahu Apple baik, gunakan saja. Ini dimungkinkan karena jumlah karyawan masih sedikit sehingga biayanya tak terlalu mahal. Biarkan karyawan menggunakan apa yang mereka tahu. 
  9. Biarkan organisasi flat (tak ada hierarki). Jika ada manajer yang melapor ke manajer lainnya dalam organisasi perusahaan pemula, Anda akan gagal. Di perusahaan pemula, jika Anda memiliki manajer yang harus melapor ke manajer yang lain, Anda sedang membangun politik. 
  10. “Sebuah tanda kegagalan untuk startup adalah ketika seseorang mengirimi saya polo shirt berlogo nama perusahaannya,” kata Cuban. Jika orang-orang Anda di pameran dan di depan umum (menggunakan kaos berlogo itu), tidak apa-apa. Tetapi jika Anda benar-benar berpikir orang-orang atau tokoh-tokoh tertentu akan memakai polo shirt berlogo perusahaan Anda di luar atau sekitarnya, Anda keliru. Itu menunjukkan Anda tidak tahu bagaimana membelanjakan uang Anda.
Beberapa tips ini bisa menjadi referensi Anda sehingga Anda bisa menjalankan semuanya dengan baik. Konsepkan dengan baik dan rapi semua yang telah Anda rencanakan, karena jika sudah dikonsep dengan rapi, maka Anda tidak akan kesulitan dalam melaksanakannya. Untuk menjadi sukses itu memang membutuhkan semangat dan tekad yang kuat, karena tanpa semua itu tidak mungkin Anda bisa meraih gelar kesuksesan tersebut.

Terapkan Cara Menjadi Pengusaha Sukses Saat Ini
Nah, beberapa tips di atas sering dilakukan oleh pengusaha sukses. Masih merasa Anda tidak bisa menjadi pengusaha sukses? Cobalah untuk memeriksa kembali tujuan dan niat Anda dari awal. Jika orang lain bisa sukses, Anda juga harus.

Related Posts

0 Response to "10 Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Pemula "

Posting Komentar