Golongan Yang Tidak Akan Tersentuh Api Neraka | ADDY SUMOHARJO BLOG

Golongan Yang Tidak Akan Tersentuh Api Neraka

Cita-cita terbesar seorang muslim adalah menjadi penghuni surga dan bebas dari siksa kubur. Surga bukanlah sesuatu yang mudah dijangkau, namun jika kita tahu cara mendapatkannya, bukan tidak mungkin bagi kita untuk menjadi penghuni Surga tersebut. Berikut ini adalah kelompok orang yang tidak boleh disentuh oleh api neraka, Siapakah mereka?

Rasulullah berkata: "Maukah saya tunjukkan bahwa orang yang haram bagi-Nya disentuh oleh api neraka?" Para sahabat berkata, "Ya, wahai Rasulullah!" Ia menjawab, "Mereka yang Haram yang tersentuh Api Neraka adalah mereka yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl."  (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban)


1. Hayyin
Hayyin adalah golongan orang yang memiliki kedamaian dan ketenangan baik secara fisik maupun mental. Mereka tidak mudah marah, mereka tidak mudah untuk dimaki dan dihina. Mereka memiliki jiwa yang tenang dan menenangkan orang-orang di sekitar mereka. "Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tidak labil dan tidak gampang marah, penuh pertimbangan. Tidak mudah memaki, melaknat serta teduh jiwanya.

Begitulah seharusnya seorang Muslim, dia bisa menahan amarahnya, menghindari pertengkaran, bahkan mengakuinya, meski dia benar. Seorang Muslim yang sulit menyakiti orang lain dan selalu menepati janjinya karena dia tahu bahwa kebanyakan dosa berasal dari anggota tubuh yang disebut mulut.

2. Layyin
Layyin adalah sebutan untuk orang yang selalu menginginkan kebaikan untuk sesamanya. Mereka memiliki watak yang lembut dan sopan, baik dalam berbicara maupun dalam sikap. Tidak kasar, tidak memanjakan diri sendiri. Berhati-hatilah dengan semua orang. "Orang yang lembut dan santun baik bertutur-kata atau bersikap. Tidak kasar, tidak semaunya sendiri, tidak galak, tidak suka memarahi orang yang berbeda pendapat denganya. Tidak suka melakukan pemaksaan. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk orang lain.

Terkadang keinginan dan ego kita yang selalu ingin mementingkan diri sendiri dan hanya memikirkan kepentingan kita sendiri menyebabkan keburukan bagi kita. Dalam hidup kita harus selalu rukun, memikirkan tentang kepentingan bersama dan menghindari pertengkaran.

3. Qarib
Golongan orang yang tidak boleh disentuh oleh api neraka ini adalah orang-orang yang menyenangkan untuk diajak bicara, dan yang baik kepada semua orang. "Akrab, ramah diajak bicara, menyenagkan bagi orang yang diajak bicara. wajahnya selalu berseri-seri dan murah senyum jika bertemu orang serta selalu menebar salam.

Wajahnya teduh karena dia selalu tersenyum saat bertemu orang. Kehadirannya akan membuat suasana menjadi sangat nyaman dan tenang.

Menjadi seseorang yang selalu dicintai oleh orang-orang di sekitar kita adalah impian kita. Selalu bagikan kebahagiaan kepada semua orang dan bawa ketenangan pikiran yang membantu orang lain merasa lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah Anda ingin menjadi orang itu? Marilah kita selalu berbaik hati dan menebarkan kebaikan, Sahabat Muslim.

4. Sahl
Sahl adalah sebutan untuk mereka yang tidak pernah mempersulit atau mempermudah. Mereka selalu memiliki cara untuk menyelesaikan masalah apa pun dengan kepala yang ramah dan dingin. "Orang yang tidak mempersulit sesuatu, selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan tidak membuat orang lain susah

Islam mengenal istilah musyawarah dalam membuat keputusan apa pun, cara yang baik dalam menentukan pilihan yang dipilih. Menjadi seseorang yang mampu berpikir jernih bahkan di saat-saat kritis adalah sosok yang patut dihormati dan ditiru. Menjadi orang yang sederhana dan menjalani hidup sebaik mungkin tanpa melelahkan dan tidak membuat segala sesuatunya mudah / diremehkan.

Itulah golongan orang yang tidak tersentuh api neraka, Semoga kita berada di salah satunya... Aamiin Ya Robb Al 'Aliim

Related Posts

0 Response to "Golongan Yang Tidak Akan Tersentuh Api Neraka"

Posting Komentar