Perhatian Untuk Calon PNS!! Tips Agar Lolos Seleksi CPNS Tahun Ini | ADDY SUMOHARJO BLOG

Perhatian Untuk Calon PNS!! Tips Agar Lolos Seleksi CPNS Tahun Ini

Tak lama lagi penerimaan CPNS 2019/2020 akan dilaksanakan. Untuk mendaftarkan, ada sejumlah tahap yang harus dilalui, dan semua proses cukup dilakukan secara online dari rumah. 

"Diimbau ke calon peserta yang ingin daftar jangan tergesa-gesa lebih baik disimak dulu. Aturan mainnya dan mekanisme prosedurnya dibaca dengan seksama, kemudian persyaratannya dilengkapi, baru setelah lengkap di-entry. Karena kalau salah entry enggak sesuai mekanisme, pengalaman yang sebelumnya kegagalan daftar calon peserta sebagian besar karena kelalaian calon peserta, bukan karena faktor teknologi," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Seleksi Calon aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019/2020 dimulai 11 November 2019. 

Seleksi CPNS menarik perhatian masyarakat. Setidaknya, tercatat lebih dari 500 ribu pencarian terkait CPNS 2019/2020. Bagi kamu yang ingin mendaftar seleksi CPNS 2019/2020, ada baiknya untuk mengetahui apa saja tips dan materi yang diujikan agar dapat lolos dalam proses seleksi nanti.

Sangat memadainya fasilitas sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil membuat para pencari kerja berbondong-bondong untuk mendaftar CPNS 2019/2020. yang mana pendaftaran CPNS ini akan dibuka mulai 11 November 2019 mendatang.

Masih banyak di antara pendaftar yang belum tahu apa saja langkah-langkah yang harus ia siapkan sebelum pendafataran CPNS 2019/2020 berlangsung. 

Berikut cara-cara atau tips yang bisa dilakukan untuk bisa lolos dan tak salah ketika memilih formasi CPNS; 

1. Pertama adalah mengukur kemampuan diri dalam mengerjakan soal-soal seleksi kompetensi dasar (SKD). 
Anda bisa mempelajari soal-soal CPNS yang ada di website-website atau anda dapat membeli buku latihan soal yang dijual di toko buku. 

2. Petakan hasil SKD CPNS tahun lalu (CPNS 2018) di instansi yang di incar atau menjadi sasaran. 
Memetakan adalah merupakan cara mudah untuk melihat kemampuan diri dengan hasil yang telah anda dapatkan dari latihan soal yang anda kerjakan. 

Hal ini untuk menilai apakah kemampuan anda memadai dengan sasaran target posisi yang anda incar di CPNS ini. 

3. Anda bisa berselancar melihat-lihat di setiap formasi jabatan untuk menentukan pilihan sambil melihat calon rival saat tes SKD. 
Beruntung sscn.cpns.go.id membuat fitur yang baik untuk membantu para pelamar. Dari website resmi ini nnatinya anda dapat memprediksikan berapa jumlah pesaing anda. Selain itu anda juga melihat berada diposisi mana anda diantara pesaing-pesaing lain yang juga mendaftar CPNS ini. 

BERKAS yang dibutuhkan:
  1. Fotokopi KTP Silahkan cek E-KTP anda untuk keperluan test CPNS 2019/2020 disini.
  2. Fotokopi ijazah/STTB
  3. Fotokopi ijazah SD, SLTP dan SLTA/madrasah
  4. Surat pernyataan bermaterai Rp 6. 000,
  5. Pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar bagi kualifikasi Diploma III/D-III dan SLTA/Sederajat,
  6. Lampirkan lembar bukti pendaftaran.
  7. PO BOX dari masing-masing wilayah yang dituju.
  8. Daftar alamat PO BOX bisa dilihat dilaman www.menpan.go.id Klik disini untuk lebih jelasnya
APA SAJA TAHAPAN TESNYA?
1. Seleksi berkas/administrasi
2.Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diujikan:
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) 
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
3. Seleksi akhir sebelum pengangkatan dan prajabatan
4. Baca Bocoran soal test CPNS 2019/2020 klik disini

PERHATIKAN SYARAT KHUSUS? (peringatan dari Kementerian PAN-RB)?
+ Baca, cermat, pahami seluruh persyaratan pelamaran. Jika perlu konsultasi ke senior, dan online
+ PERHATIKAN AKURASI IDENTITAS DIRI; data yang sama, seperti nama, tempat tanggal lahir maupun jenis kelamin sesuai dengan akte kelahiran. Apabila terdapat ketidaksesuaian atas data-data kependudukan tersebut, di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.
+ Pastikan valid Nomor Induk Kependudukan (NIK) di (KTP)/ NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK.
+ Pelamar hanya boleh mendaftar pada satu instansi, satu jabatan, dan satu jenis formasi dalam satu periode/event pelaksanaan seleksi. 
+ Pelamar Dokter Spesialis, Dokter Umum, dan Sarjana/S-1 di Kementerian Hukum dan HAM, tak perlu kirim dokumen. Cukup unggah dokumen kebutuhan di https://sscn.bkn.go.id.
+ Calon pelamar wajib perhatikan poin-poin persyaratan khusus, seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), formasi sesuai jurusan, batas usia.
+ Seluruh sistem pendaftaran secara online.
+ calon pelamar tak dapat merubah pilihan dengan alasan apapun.

Seleksi CPNS 2019/2020 memang dilakukan secara bertahap. Agar tidak merasa takut dan rendah diri saat menghadapi tes tersebut, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Perhatikan metode pendaftaran CPNS 2019/2020
Jika keinginan lulus seleksi begitu besar, tentu banyak yang harus diperhatikan saat melakukan pendaftaran. Sejak tahun 2016, pendaftaran sebagai CPNS sudah dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). 
Keunggulan sistem CAT yang menggunakan akses internet ini adalah, pelamar dapat langsung mengetahui nilai yang telah diperolehnya usai mengerjakan soal. Namun, CAT tidak hanya diterapkan pada tes kemampuan dasar (TKD) tapi akan diterapkan juga pada tes kemampuan bidang (TKB).

Keputusan CAT tersebut dinilai sebagai salah satu cara ujian yang transparan dan terbuka daripada cara manual yang menggunakan LJK. Untuk bisa memahami penggunaan CAT tersebut, seseorang dapat berlatih terlebih dahulu dengan mengunduh aplikasi software CAT CPNS. Latihan tidak hanya terkait dengan penggunaan CAT yang benar tetapi juga untuk berlatih menjawab soal yang diberikan. 

Mengenal dan mempelajari jenis tes CPNS 2019/2020
Setiap tes yang dilakukan pasti memiliki nilai ambang batas (passing grade). Meski sudah berusaha sebaik mungkin, kadang seseorang harus rela mendapati nilai di bawah batas nilai yang telah ditetapkan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 20/2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017, pemerintah telah mengatur dan menetapkan tiga kelompok materi soal seleksi kompetensi dasar (SKD).

Tiga kelompok soal tersebut adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Seperti yang telah saya jelaskan di Atas terkait apa saja tahapan tes CPNS 2019/2020.

TWK meliputi penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan yakni, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indonesia (sistem tata negara, sejarah, peran dalam regional dan global, dan kemampuan bahasa Indonesia).

Untuk TIU biasanya seseorang dinilai kemampuan verbal seperti menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, pelamar juga dinilai kemampuan numeriknya seperti penghitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka. Kemampuan berpikir logis juga masuk di dalam tes ini.

Selanjutnya adalah TKP yang menilai pada integritas diri, semangat, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi pada orang lain, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, bekerja mandiri, kemampuan dan kemauan untuk belajar. 

Usai melakukan SKD, pelamar juga diwajibkan untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tes tersebut pun diatur dalam Permen PANRB Nomor 20/2017. Meski demikian, tidak semua peserta yang lolos passing grade dapat mengikuti SKB. Ketentuan SKB hanya dapat diikuti paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan pada masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar.

Pelajari pola soal CPNS 2019/2020
Untuk masuk dalam seleksi CPNS, seseorang tentu saja harus berusaha keras dengan niat yang sungguh-sungguh. Persiapan yang matang tentu akan membantu dalam pengerjaan soal. Dalam persiapan tersebut ada baiknya jka seorang pelamar mempelajari contoh soal tes CPNS. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui pola tes yang digunakan. Baca Bocoran soal test CPNS 2019/2020 klik disini

Saat seseorang sudah mengetahui pola tersebut maka dia sudah mengetahui alur untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, jangan menganggap remeh latihan-latihan yang sewajarnya dilakukan sebelum tes berlangsung. 
Info persyaratan pelamar bisa dibaca di www.bkn.go.id atau https://sscn.bkn.go.id. Sekian yang dapat saya infokan semoga bermanfaat.

Related Posts