Jaminan Surga Bagi Orang Yang Bersedekah | ADDY SUMOHARJO BLOG

Jaminan Surga Bagi Orang Yang Bersedekah

Sedekah adalah tindakan berbagi materi atau jasa, dengan tujuan meringankan beban atau mempermudah nasib orang lain. Bukan hanya dalam bentuk barang dan uang, bahkan senyuman telah dicirikan sebagai sedekah. Tindakan ini adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Karena tidak hanya dapat membantu orang lain, Allah juga akan membalas dengan pahala bagi mereka yang dengan tulus melakukannya.
Alkisah Habib Abi Muhammad adalah orang saleh yang selalu menunaikan kewajibannya sesuai perintah Allah serta mengerjakannya berdasarkan hadits Rasulullah SAW. Suatu hari, saat mengikuti pengajian di sebuah masjid, Habib Abi Muhammad sangat terenyuh dengan ketulusan Abu Bakar As-Shidiq dalam bersedekah. Tanpa keraguan sedikit pun, ia mengikuti jejak khalifah pertama amirul mukminin dan berkata, “Demi Allah, saya akan memperhatikan apa yang dikerjakan Khalifah Abu Bakar itu dengan hartanya”

Habib Abi Muhammad kemudian membelanjakan sedekah 40.000 dinar ke dalam empat bagian dan berkata, “Demi Allah, saya membeli diriku karena Allah sebesar 10.000 dinar” Setelah itu ia berkata lagi, “Demi Allah, aku bersyukur karena aku telah mendapatkan hidayah untuk bersedekah. Maka aku keluarkan sedekah lagi sebesar 10.000 dinar”

Untuk menambah keyakinan setelah dua kali bersedekah, Habib Abi Muhammad mengulang sedekahnya dan berkata, “Ya Allah, terimalah sedekah pertama dan kedua hambamu ini. Sebagai bentuk terima kasih, hamba sedekahkan lagi 10.000 dinar unruk yang ketiga kalinya”

Setelah merasa tenang, Habib Abi Muhammad berkata kembali, “Demi Allah, hamba menyedekahkan ke empat kalinya sebesar 10.000 dinar sebagai penyempurnaan sedekah-sedekah yang terdahulu. Semuanya itu karena Allah, bukan karena pujian.

Berikut ini adalah janji Allah bagi mereka yang selalu memberi sedekah

1. Sedekah Dapat Menyingkirkan Dosa
Janji pertama Allah bagi mereka yang rajin memberi sedekah adalah sedekah itu dapat melenyapkan dosa-dosa orang yang mengerjakannya. Faktor ini dinyatakan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW mengatakan: "Sedekah bisa menghapus dosa seperti air memadamkan api." [SDM. Tirmidzi]

Namun, janji itu akan dipenuhi jika sedekah disertai dengan pertobatan atas dosa yang telah dilakukan. Apalagi jika orang yang sengaja melakukan tindakan maksiat, korupsi, makan riba, mencuri, atau mengambil hak anak yatim dan orang lain tidak berlaku untuk sedekahnya jika ia hanya memberi sedekah hanya berfungsi supaya dosa-dosanya tersebut impas dengan maksiat yang telah ia perbuat.

2. Mendapatkan Naungan di Akhir Zaman
Tidak hanya bisa menghilangkan dosa, sebenarnya praktik sedekah juga akan mendapat naungan di hari akhir nanti. Rasulullah SAW bercerita tentang 7 jenis orang yang akan menerima naungan di hari akhir kelak ketika tidak ada lagi naungan tidak hanya naungan dari Allah. Salah satu tipenya adalah mereka yang rajin memberi sedekah. "Seorang pria yang memberi sedekah dengan tangan kanannya, dia menyembunyikan amalnya itu sehingga tangan kirinya tidak mengenali apa yang diberikan tangan kanannya." [SDM. Bukhari]

3. Allah Melipatgandakan Pahala Sedekah
Janji Allah berikutnya untuk orang-orang beriman yang rajin bersedekah adalah bahwa Allah akan melipatgandakan pahala bagi mereka. Faktor-faktor ini sesuai dengan firman Allah Ta'ala yang berarti: "Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah serta Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan serta meminjamkan terhadap Allah pinjaman yang baik, niscaya bakal dilipatgandakan (ganjarannya) terhadap mereka; serta bagi mereka pahala yang tak sedikit." [QS. Al-Hadid ayat 18]

4. Pintu Surga tersedia yang hanya bisa dimasuki oleh mereka yang memberi sedekah
Dalam sebuah hadits, Rasulullah berkata: "Orang-orang berbagi untuk menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh salah satu gerbang surga:" Wahai hamba Allah, datang ke sini untuk kesenangan "Jika dia datang dari kelompok orang yang suka mendirikan sholat "Dia akan dipanggil dari pintu shalat, yang dari mujahid, maka dia akan dipanggil dari pintu jihad, jika dia berasal dari kelompok yang suka memberikan amal, dia akan dipanggil dari pintu sedekah. "[HR. Bukhari dan Muslim]

5. Dapat Melepaskannya dari Siksa Kubur
Selain mendapat surga khusus, orang yang rajin memberi sedekah juga akan terbebas dari siksaan kubur. Rasulullah SAW berkata, "Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur." [SDM. Ath-Thabrani]

6. Dijauhkan dari Api Neraka
Janji Allah bagi mereka yang rajin memberi sedekah adalah untuk menjauhkan diri dari api neraka. Padahal meski hanya sejumlah kecil sedekah yang diberikan, namun sedekah itu telah berkontribusi untuk menjauhkan diri dari api neraka. Rasulullah SAW berkata: "Jauhi api neraka, meskipun hanya dengan bersedekah dengan sebiji kurma. Jika Anda tidak memilikinya, maka Anda dapat menggunakan kalimat thayyibah" [HR. Bukhari dan Muslim]

Demikian ulasan enam janji Allah SWT terhadap orang beriman yang rajin memberi sedekah. Sungguh tidak sedikit keutamaan yang akan diperoleh oleh seorang mukmin yang selalu dan gemar bersedekah ini. 

Untuk itu, keluarkanlah sedikit kekayaanmu untuk bersedekah, sehingga Allah SWT akan membagikan Anda dengan janji-janji mulia tersebut diatas.

Hikmah cerita dan uraian di atas adalah sebagai berikut :
Melakukan sedekah dengan niat karena Allah adalah perbuatan yang terpuji. Hal itu dilakukan oleh orang-orang saleh dan penghuni surga, seperti yang dilakukan oleh Abu Bakar As-Shidiq dan Habib Abi Muhammad. Bagi mereka yang tulus melakukannya, Allah telah memberikan surga sebagai jaminannya.

Related Posts