Efek Samping Menggunakan Gigi Palsu

Banyak sekali yang belum menyadari bahwa gigi asli yang telah tanggal dan dibiarkan begitu saja justru memperbesar resiko terjadinya dampak negatif lain bagi kesehatan gusi dan gigi itu sendiri. salah satu dampak negatif yang mungkin terjadi adalah gigi akan kehilangan fungsi mekaniknya sebagai pengunyah makanan atau bahkan berbagai macam dampak negatif lain.
salah satu solusi mudah mengatasi dampak negatif ini adalah penggunaan gigi palsu atau gigi tiruan, namun faktanya penggunaan gigi palsu juga rentan menimbulkan efek samping. Apa saja efek samping gigi palsu?Berikut ini beberapa jenis dan macam efek samping gigi palsu sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Tertelan. Tertelannya gigi palsu sistem lekatan bisa saja terjadi apabila mutu lem atau semen gigi yang digunakan tidak terlalu baik sedangkan gigi sebelahnya atau gigi yang dipasangi lem juga telah mengalami kerusakan. Peristiwa tertelannya gigi lekatan biasanya terjadi ketika pengguna gigi palsu sedang tertidur. 
  • Infeksi. Infeksi atau terjadinya peradangan atau bahkan pembusukan pada gusi. Pembusukan gusi ini akan mengakibatkan rasa nyeri yang sangat sakit. Pembusukan pada gusi ini bisa saja disebabkan kesalahan pemilihan bahan gigi palsu, misalnya bahan akrilik yang hanya diperuntukan untuk gigi tiruan lepasan, tidak boleh digunakan untuk gigi yang cekat atau permanen. Penggunaan gigi palsu permanen hanya boleh menggunakan bahan baku gigi palsu yang mutunya sangat baik.
  • Lepas.Gigi palsu lepasan sebagian atau keseluruhan mungkin saja terlepas saat digunakan untuk menggigit makanan yang terlalu kenyal atau lengket. Hal ini bisa saja disebabkan oleh mutu lem gigi lepasan sebagian atau keseluruhan yang kurang baik.
  • Nyeri. Rasa nyeri bisa saja disebabkan oleh infeksi gusi akibat kesalahan pemilihan bahan atau penggunaan gigi palsu lekatan dengan sistem tanam yang ternyata kualitas tulang giginya sudah sangat tipis, sehingga mengenai syaraf gigi.
  • Tidak nyaman. Rasa tidak nyaman atau sedikit mengganjal pada permukaan gigi seberangnya bisa saja disebabkan pengukuran panjang gigi yang kurang pas. Pengukuran yang kurang pas ini bisa saja dipicu oleh terjadinya penurunan gusi yang diakibatkan penumpukan plak gigi.
Demikianlah beberapa jenis dan macam efek samping gigi palsu yang mungkin saja terjadi. Memang penggunaan gigi npalsu tidak akan senyaman gigi aslinya, oleh karenanya akan lebih baik apabila tindakan perawatan gigi dilakukan semenjak dini agar tidak terjadi kerusakan gigi yang parah.

Artikel Terkait