Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Berminyak

Apakah Anda merasa tidak percaya diri dengan tampilan kulit yang mengilat akibat minyak yang berlebih? Sudah saatnya Anda memberikan perawatan yang ekstra terhadap wajah Anda. Ikuti tips cara mudah mengatasi kulit berminyak dibawah ini.

Pasalnya, jika keadaan ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, bukan tidak mungkin pori-pori di kulit wajah Anda akan ditutupi oleh minyak, sehingga ancaman jerawat akan semakin menjadi mimpi buruk.

Merawat kulit wajah dengan kadar minyak berlebih memang susah-susah gampang. Diperlukan pemahaman tentang pemilihan produk kecantikan untuk mencegah semakin kompleksnya kondisi wajah yang semakin buruk. Nah, sebelum salah pilih jenis perawatan, ada baiknya simak informasi berikut :

1. Kebanyakan orang justru memilih jenis sabun pencucui wajah yang mengadung konsentrasi alkali yang tinggi. Perlu diketahui, meski jenis sabun tersebut mampu mengangkat minyak secara optimal, namun dalam penggunaan jangka panjang, nyatanya banyak kasus di mana kulit malah semakin berminyak. Untuk itu, pilihlah jenis perawatan kulit khusus untuk kulit berminyak. Hindari produk yang mengandung alkohol. Ada baiknya Anda memilih jenis produk yang berbahan alami seperti minyak zaitun, almond, atau avokat.

2. Sebenarnya minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous bermanfaat untuk melicinkan kulit dan membuatnya tetap lembap jika jumlahnya tidak berlebihan. Bagi orang yang memiliki kadar minyak berlebih, sebaiknya tidak membersihkan wajah dengan keras dan terlalu sering. Mencuci wajah secara berlebihan akan membuat kulit menjadi kering, bersisik, dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa gatal. Bukan hanya itu, pada akhirnya produk penghilang minyak tersebut akan merangsang kelenjar sebaceous dengan produksi minyak yang lebih banyak.

3. Menggunakan pelembap wajah memang penting. Namun jangan sampai Anda salah memilih jenisnya. Pelembap yang mengandung bahan kimia atau sintetis justru akan menyebabkan masalah kulit lainnya seperti alergi atau bahakn jerawat. Sebaiknya, gunakan pelembap berbahan alami. Pilih kandungan pelembap dengan bahan dasar air, minyak zaitun, alpukat, atau komposisi almond.

4. Pilihan metode pembersihan dengan air hangat bisa menjadi solusi ampuh. Air hangat akan membantu menghentikan keluarnya minyak yang berlebihan. Perhatikan suhu air, gunakan air hangat kuku untuk membersihkan wajah. Basuh wajah dengan bantuan handuk yang lembut yang telah dimasukkan ke dalam wadah berisi air hangat. Jangan gosok wajah secara berlebihan. Anda cukup menepuk-nepuk wajah dengan lembut. Setelah sedikit kering, aplikasikan pelembap secara merata.

Artikel Terkait