Cara Mengatasi Mata Katarak Anda Secara Alami | ADDY SUMOHARJO BLOG

Cara Mengatasi Mata Katarak Anda Secara Alami

Katarak biasanya diderita oleh orang yang sudah lanjut usia, berusia di atas 50-an baru menderita katarak, tetapi bisa jadi usia yang masih mudapun ada kemungkinan bisa menderita katarak, apalagi di daerah yang kaya sinar matahari, misalnya Indonesia karena pengaruh radiasi sinar ultraviolet.

Selain faktor usia, katarak juga didorong oleh penyakit yang diderita oleh seseorang, misalnya penyakit tekanan darah tinggi, sakit asam urat, penyakit diabetes melitus (kencing manis) dan yang lainnya. Cara mengobati katarak selain pembedahan atau operasi adalah dengan menggunakan obat alami.

Faktor kurang gizi juga mempengaruhi seseorang dan daya tahan seseorang terhadap katarak.
Pencegahan Katarak:
Setelah mengetahui beberapa faktor yang berpotensi mengakibatkan mata katarak, maka berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mencegahnya:
  1. Untuk melindungi mata dari bahaya radiasi sinar ultraviolet, maka dianjurkan apabila keluar rumah di siang hari sebaiknya mengenakan pelindung, misalnya payung, topi atau memakai kacamatan hitam. Selain untuk mencegah katarak, bisa juga khan untuk keren-kerenan..? 
  2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan baik untuk kesehatan mata. Makanan bergizi bisa banyak didapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Dalam buah-buahan dan sayuran terdapat zat pigmen yang disebut karotenoid, yang oleh tubuh manusia digunakan untuk mempertahankan fungsi penglihatan. Selain itu pula makanan sebaiknya dihidangkan dalam bentuk segar, atau menggantinya dengan mengonsumsi vitamin A, C dan E.
Mengobati Mata Katarak:
Mengobati katarak dengan jalan medis bisa dilakukan dengan operasi katarak. Lensa bola mata yang telah keruh akan diangkat/diambil lalu diganti dengan lensa baru yang disebut lensa tanam. Mengatasi mata katarak juga bisa diusahakan dengan cara pilih salah satu dari beberapa resep ramuan obat tradisional berikut ini:
  1. Bengle 15 gr, jinten arab 20 gram, kencur 20 gram. Rebus dalam 3 gelas air jadikan setengahnya, lalu minum sehari 2x. Setengah pagi hari, setengah lagi sore hari, bisa tambahkan madu murni 1 sendok makanan.
  2. Daun poncosudo sekitar 25 gram, daun trawas 7 gram, adas 5 gram, daun jinten 10 gram, daun sendok 8 gram, pulasari 7 gram dan air 2 gelas. Bahan-bahan tersebut direbus hingga mendidih setelah api dimatikan, dan biarkan masih tertutup. Setelah hangat disaring lalu diminum, dua kali sehari satu gelas.
  3. Herba meniran 25 gram, daun kembang sepatu 15 gram, herba sambiloto 30 gram direbus dengan 2 gelas air diproses sama dengan ramuan sebelumnya (nomor 2).
  4. Daun sambiloto satu genggam dan daun iler 5 lembar, direbus dengan air 2 gelas diproses sama dengan ramuan sebelumnya (nomor 2).
  5. Wortel 2 batang dan ubi jalar merah dicuci bersih kemudian diparut, ditambah air secukupnya, lalu diperas. Air perasan itu ditambah madu, diminum dua kali sehari, setiap minum 3/4 gelas.
Secara umum, makanan yang mengandung glutathione dan antioksidan baik untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa makanan ini termasuk: bayam, brokoli, kol dan asparagus.

Sementara itu, buah-buahan yang mengandung glutathione meliputi: grape fruit, stroberi, dan alpukat. Selain itu, makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan mata Anda. Beberapa makanan ini meliputi: jagung, telur, dan lobak. Beberapa makanan ini juga mengandung karotenoid yang dapat membantu mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak.

Pakar kesehatan merekomendasikan menghindari gula putih dan minuman yang mengandung fruktosa tinggi. Makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula tinggi cenderung membuat katarak tumbuh. Berikut ini juga adalah obat katarak alami yang diyakini dapat mengurangi penglihatan kabur akibat katarak, termasuk:

1. Wortel
Obat katarak alami ini telah dikenal luas oleh masyarakat karena kemampuannya menjaga kesehatan mata. Wortel kaya akan vitamin A sehingga sangat baik dalam mengobati gangguan mata, tidak terkecuali katarak.

2. Bawang putih
Obat katarak alami berikutnya adalah bawang putih. Meskipun kedengarannya aneh, makan bawang putih mentah akan membantu mengurangi penderitaan katarak. Ini karena bawang putih mengandung antioksidan, antibiotik dan sangat baik dalam menyembuhkan penyakit. Cukup makan 2-3 siung bawang putih setiap hari untuk mengurangi gejala katarak.

3. Labu
Selain wortel, labu juga bisa digunakan sebagai obat katarak alami karena kandungannya yang kaya akan vitamin A. Cara mengkonsumsinya, Anda bisa menjadikannya seperti jus.

4. Bayam
Tidak hanya tubuh yang dipelihara, bayam juga sangat baik untuk mata. Ini karena bayam mengandung banyak karoten sehingga bisa membantu menyembuhkan katarak. Makan dua porsi bayam per hari akan membantu meringankan gejala katarak.

5. Almond
Almond telah lama diyakini sebagai obat katarak alami. Cara mengkonsumsinya, Anda bisa merendamnya semalaman kemudian mengkonsumsinya di pagi hari. Kacang Almond kaya akan asam lemak omega-3 dan senyawa organik kuat lainnya yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mencegah peradangan dalam tubuh, sehingga almond juga diyakini dapat mengurangi risiko katarak.

6. Teh hijau
Karena kandungan antioksidannya, teh hijau dipercaya sebagai obat katarak alami. Fitonutrien hadir dalam teh hijau sangat efektif dalam memperlambat terjadinya penglihatan kabur. Teh hijau menetralkan radikal bebas dan memperlambat stres oksidatif di mata. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membuat mata Anda awet muda dan sehat selama bertahun-tahun.

7. Pepaya
Kandungan papain pada pepaya memiliki efek positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Papain adalah enzim yang membantu mempercepat proses pencernaan protein. Bintik-bintik keruh pada lensa terbuat dari protein berlebih, jadi menambahkan pepaya ke asupan harian Anda dapat mengurangi gejala katarak.

8. Pisang
Lutein adalah salah satu enzim yang dipercaya mampu mengobati katarak. Enzim ini umumnya ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye, Lutein dalam pisang memiliki dampak langsung pada pembentukan dan ketebalan katarak. Antioksidan dalam pisang terbukti meningkatkan kesehatan mata dan memperlambat pembentukan kabut lensa mata yang dapat menyebabkan katarak.

9. Mengkonsumsi lebih banyak air
Obat mudah lain untuk katarak alami adalah untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh Anda. Hidrasi yang tepat sangat penting untuk kesehatan mata dan mengelola masalah kesehatan yang ada seperti katarak. Racun dapat menumpuk dan menyebabkan perubahan berbahaya pada tubuh, termasuk masalah kesehatan mata jika Anda tidak memiliki cukup air dalam tubuh. Selain itu, tubuh membutuhkan banyak air untuk mendetoksifikasi dan membuang racun. Minumlah 2 liter air per hari agar kesehatan tubuh, terutama mata bisa terjaga dengan baik.

10. Hindari stres berlebih
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ada hubungan antara stres dan masalah mata seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. Penelitian membuktikan, stres dapat memengaruhi mata Anda serta kesehatan Anda secara keseluruhan.

Ketika Anda didiagnosis menderita katarak, dokter biasanya bertanya apakah perawatan katarak akan dilakukan atau tidak. Jika Anda masih nyaman dengan penglihatan mata pada saat itu, Anda dapat menunda operasinya. Namun, jika katarak menyulitkan Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari, maka operasi katarak harus dilakukan untuk memulihkan penglihatan. Semoga tulisan tentang cara mencegah dan mengatasi mata katarak ini bermanfaat buat kita semua yha dan jangan lupa dishare ke MEDSOS anda semua.

Related Posts